Advertisement

Solusi sistem persamaan Aljabar Linear (SPAL) dengan Medode Gauss

Sistem Persamaan Aljabar Linier (SPAL) atau dikenal juga sebagai ‘Persamaan Aljabar Linier Serempak’ banyak sekali dijumpai dalam perhitungan-perhitungan teknik kimia yang melibatkan solusi numeris. Beberapa metode solusi yang melibatkan solusi SPAL, di antaranya dalah: solusi Sisten Persamaan Aljabar Non-Linier (SPANL), solusi Persamaan Diferensial Biasa (PDB), solusi persamaan Diferensial Parsial (PDP), Regresi Linier dan Non-Linier, dll.
Dalam modul ini, para mahasiswa S2 akan diajak terlebih dahulu untuk membaca ulang (review) secara ringkas dan cepat tentang beberapa pengertian dasar skalar, vektor, matriks, dan sistem persamaan linier. Pengulangan ini sangat diperlukan mengingat banyak di antara peserta ajar S2 yang sudah terlupa dengan materimateri kuliah matematik yang pernah diikutinya. Di samping itu juga, para pembaca diajak untuk memahami secara praktis tentang konsep-konsep pemahaman dalam aljabar linier yang diimplementasikan dalam metode numerik.
Setelah pengulangan tentang aljabar numeris, para pembaca diajak secara ringkas untuk memahami konsep-konsep perhitungan numeris yang berhubungan dengan metode-metode Eliminasi Gauss dan Pivot Gauss. Kemudian, lebih jauh lagi diajak untuk melakukan analisis numerik dalam solusi-solusi Dekomposisi LU dan Matriks Tri-Diagonal.

Download Modul 2

Berikan Komentar Anda

4 Komentar

  1. thanks kawan..
    http://blitari.blogspot.com/
    http://oasek.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Bagi anda yg lagi belajar metode numerik & butuh aplikasi gratis, silahkan download di http://www.2shared.com/file/n5zbfLYq/Numerical_Methods_by_Lukas_Set.html atau http://upload.ugm.ac.id/503Numerical Methods by Lukas Setiawan STMIK-Indonesia Mandiri.exe

    BalasHapus
  3. Ijin sharing mas admin, Program untuk memecahkan berbagai permasalahan matematik dg menggunakan metode numerik, silahkan download di:
    http://upload.ugm.ac.id/529Numerik.rar

    BalasHapus
  4. Izin sharing, Program Numerik (update terbaru) untuk memecahkan berbagai persoalan matematik. Silahkan download di: http://www.uploadmb.com/dw.php?id=1373218338
    Program diatas meliputi Finding roots(mencari akar-akar persamaan) dg Metode False Position. Mencari nilai optimum (ekstrim maximum/minimum) dg metode Golden Search,Integral dg metode Simpson 1/3, Differensial dg Metode Central difference orde 4, Sistem Persamaan Linear(AX=B) dg Metode Eliminasi Gauss-Seidel atau X=inv(a).B, Eigen pair dg metode Power, Curve-Fitting, Partial Differential Equation dg masing-masing metodenya.

    BalasHapus

Advertisement