Advertisement

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Matematika Fase E Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Pada postingan sebelumnya kami sudah bagikan Capaian Pembelajaran (CP) pelajaran Matematika fase E yang akan kita jadikan acuan dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP).

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Lalu apa itu ATP?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. Alur menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase.

Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. Guru dapat menyusun ATP masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah sudah menyediakan beberapa contoh ATP yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

Berikut ini contoh penyusunan ATP yang telah disesuaikan dengan CP mapel matematika Fase E kurikulum merdeka berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022:

No Elemen Capaian Pembelajaran Capaian Pembelajaran Tujuan Pembelajaran
1BilanganPeserta didik dapat menggeneralisasi sifat-sifat bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan).
Peserta didik dapat menerapkan barisan dan deret aritmetika dan geometri, termasuk masalah yang terkait bunga tunggal dan bunga majemuk.
Menyatakan perkalian bilangan bulat berulang sebagai bilangan berpangkat
Menggeneralisasi sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan)
Menerapkan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat (termasuk bilangan pangkat pecahan) untuk menyederhanakan bentuk matematis
Menjelaskan pola dari suatu bilangan
Menjelaskan pengertian barisan aritmetika
Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan aritmetika
Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan aritmetika
Menjelaskan pengertian deret aritmetika
Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika
Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret aritmetika.
Menjelaskan pengertian barisan geometri
Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan geometri
Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan geometri
Menjelaskan pengertian deret geometri
Menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret geometri
Menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret geometri.
Menyelesaiakan masalah bunga tunggal menggunakan konsep barisan dan deret aritmetika
Menyelesaiakan masalah bunga majemuk menggunakan konsep barisan dan deret geometri
2Aljabar dan FungsiPeserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat (termasuk akar imajiner), dan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial.
Menjelaskan konsep sistem persamaan linear tiga variabel
Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear tiga variabel
Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan masalah
Menjelaskan konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel
Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan masalah
Mendefinisikan persamaan kuadrat
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
Mengelompokkan jenis-jenis akar persamaan kuadrat berdasarkan nilai diskriminan
Menjelaskan fungsi kuadrat
Membuat grafik fungsi kuadrat
Menentukan rumus fungsi kuadrat berdasarkan grafik yang diketahui
Menjelaskan persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial
Menjelaskan sifat-sifat persamaan eksponensial (berbasis sama) dan fungsi eksponensial
Menggunakan sifat-sifat persamaan eksponensial (berbasis sama) dalam menyelesaikan masalah
3GeometriPeserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya.Menentukan panjang sisi-sisi pada suatu segitiga siku-siku dengan menggunakan teorema pythagoras
Menentukan sisi depan, sisi samping dan sisi miring untuk suatu sudut lancip (α) pada suatu segitiga siku-siku
Menjelaskan perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
Menentukan nilai perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri dengan mengukur tinggi sebuah menara
4Analisis Data dan PeluangPeserta didik dapat merepresentasikan dan menginterpretasi data dengan cara menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil.
Peserta didik dapat membuat dan menginterpretasi box plot (box-and- whisker plot) dan menggunakannya untuk membandingkan himpunan data.
Peserta didik dapat menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan.
Peserta didik dapat menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu).
Peserta didik dapat mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data.
Peserta didik dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk.
Peserta didik dapat menyelidiki konsep dari kejadian saling bebas dan saling lepas, dan menentukan peluangnya.
Menjelaskan kuartil pertama (Q1), kuartil kedua (Q2) dan kuartil ketiga (Q3)
Menentukan kuartil pertama (Q1), kuartil kedua (Q2) dan kuartil ketiga (Q3)
Menjelaskan jangkauan kuartil dan interkuartil
Menentukan jangkauan kuartil dan interkuartil
Menjelaskan box plot (box-and-whisker plot), histogram dan dot plot
Membuat box plot (box-and-whisker plot), histogram dan dot plot dari suatu data
Menggunakan box plot (box-and-whisker plot) untuk membandingkan himpunan data
Menggunakan dari box plot, histogram dan dot plot sesuai dengan natur data dan kebutuhan
Menjelaskan diagram pancar
Membuat diagram pancar
Menggunakan diagram pencar untuk menyelidiki dan menjelaskan hubungan antara dua variabel numerik (termasuk salah satunya variabel bebas berupa waktu)
Mengevaluasi laporan statistika di media berdasarkan tampilan, statistika dan representasi data.
Menjelaskan peluang kejadian majemuk
Menentukan peluang kejadian majemuk
Menentukan frekuensi harapan dari kejadian majemuk
Menjelaskan peluang kejadian saling bebas dan saling lepas
Menentukan peluang kejadian saling bebas dan saling lepas

ATP ini bersifat alternatif dan tidak mutlak, Bapak/Ibu guru dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan kelas dan peserta didik.

Berikan Komentar Anda

0 Komentar

Advertisement