Advertisement

Kunci Jawaban Post Tes Modul 2 Topik Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C

Modul 2 Topik Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B - C
Berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.

Soal dan Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C Modul 2


1. Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan murid.
Jawab : Benar

2. Ingatlah kembali cerita Pak Doni dengan asesmen diagnostiknya. Misalnya, ada kelompok murid yang tergolong mahir, tindakan apakah yang bisa Pak Doni lakukan untuk murid-murid tersebut?
Jawab : Memberikan tantangan lebih atau kegiatan pengayaan yang sesuai.

3. Perhatikan beberapa tahapan penyusunan asesmen diagnostik berikut.
  1. Melaksanakan asesmen dan mengolah hasilnya.
  2. Menganalisis rapor murid tahun sebelumnya.
  3. Mengidentifikasi kompetensi yang akan diajarkan.
  4. Menggunakan data hasil asesmen untuk merencanakan pembelajaran yang lebih bermakna dan tepat sasaran.
  5. Menyusun instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik.
  6. Menggali informasi tentang murid, seperti latar belakang keluarga, motivasi, minat, serta ketersediaan sarana dan prasarana.
Urutan manakah yang sesuai dalam menyusun sebuah asesmen diagnostik?
Jawab : 2-3-5-6-1-4

4. Mengidentifikasi kemampuan prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah langkah pertama dalam merancang asesmen diagnostik.
Jawab : Benar

5. Perhatikan hasil asesmen diagnostik guru PJOK untuk praktik gaya bebas, ditentukan ada beberapa level yang akan menjadi indikator tercapainya tujuan pembelajaran, yaitu:
Level 1: Pengenalan air dan masuk kolam renang.
Level 2: Kontrol nafas, mengapung, dan posisi badan yang stabil.
Level 3: Dorongan lengan, istirahat lengan, dan gerakan tungkai.
Level 4: Mengkoordinasikan gerakan lengan dan tungkai serta pengambilan nafas.
Level 5: Jarak tempuh yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan murid.
Kategori yang sesuai ketika siswa sudah mampu mencapai level 3 dan proses pembelajaran di level 4 adalah...
Jawab : Layak

6. Ingatlah kembali hasil asesmen diagnostik guru PJOK terkait praktik renang dengan gaya bebas. Untuk siswa dengan tipe 1 (masih takut air), tujuan pembelajaran yang kurang sesuai adalah...
Jawab : Mengapung di dalam air.

7. Hasil observasi guru terhadap murid yang berisi aneka indikator yang harus dikuasai murid dinamakan...
Jawab : Lembar amatan

8. Perhatikan pernyataan berikut.
  1. Membuat catatan yang berisi keterampilan spesifik yang perlu dikembangkan.
  2. Menentukan indikator turunan dari tujuan pembelajaran.
  3. Membuat pemetaan berdasarkan tingkat penguasaan murid.
Tahapan dalam menyusun lembar amatan adalah...
Jawab : 1-3-2

9. Perhatikan pernyataan berikut.
  1. Menyajikan informasi yang nyata dan terkini mengenai kondisi murid.
  2. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat tidak dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.
  3. Dapat membantu guru untuk menyusun laporan perkembangan murid yang lebih bermakna.
  4. Pemetaan kemampuan yang sudah dibuat dapat guru gunakan untuk tujuan pembelajaran yang berbeda.
Keuntungan menggunakan lembar amatan adalah...
Jawab : 1, 3, dan 4

Berikan Komentar Anda

0 Komentar

Advertisement