Advertisement

Jawaban Latihan, Cerita Reflektif dan Post Tes Modul 2 - Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Modul 2 Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Tujuan Pembelajaran Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C.

  • Berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  • Meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
  • Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Kurikulum sebagai konsep dasarnya.

Modul 2 Merancang Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik

Latihan Pemahaman : Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah

Jawab : Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid.

Cerita Reflektif : Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!

Jawab : Dahulu, tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar. Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga sedikit sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Merancang Asesmen Pembelajaran

Latihan Pemahaman :

1. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk

Jawab : Semua benar

2. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali

Jawab : Pertanyaan pematik

Cerita Reflektif : Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?

Jawab : Gerogi sudah tentu, takut dapat nilai kecil ya jelas pasti. Meskipun demikian, dapat membagi waktu bermain dan belajar dengan baik.

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Merumuskan Modul Ajar

Latihan Pemahaman :

1. Komponen modul ajar yang menjelaskan keterampilan murid yang harus dikuasai saat akan mempelajari suatu topik disebut

Jawab : Kompetensi prasyarat

2. Merancang modul ajar sebenarnya adalah proses kita merancang kegiatan belajar. Hal-hal yang perlu ditentukan saat merancang modul ajar adalah

Jawab : Semua benar

3. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali

Jawab : Capaian pembelajaran yang berbeda

Cerita Reflektif : Menurut Ibu dan Bapak Guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?

Jawab : Pembelajaran berbasis CBSA, Catat Buku Sampai Habis.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2

1. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...

Jawab : Merupakan pemahaman praktis.

2. Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.

Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?

Jawab : Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

3. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah...

Jawab : Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

4. Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Ekonomi. Rencananya ia akan meminta murid menuangkan pemahamannya terkait dampak globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak Markus memberikan kebebasan pada murid untuk memilih media kampanye selama pesan kampaye dapat tersampaikan dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek yang tepat untuk mengukur asesmen tersebut antara lain...

Jawab : Sistematika kampanye, kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media.

5. Indikator pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan...

Jawab : tujuan pembelajaran yang ditetapkan

6. Pernyataan berikut yang salah tentang modul ajar adalah...

Jawab : Modul ajar setara dengan RPP.

7. Bu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:

  1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
  2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
  3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh

Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah...

Jawab : Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring.

8. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali...

Jawab : Menggantikan peran guru dalam mengajar.

9. Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...

Jawab : Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.

Urutan nomor soal dapat berbeda pada setiap akun PMM Bapak/Ibu, karena soal yang muncul akan diacak. Oleh karena itu telitilah dalam membaca soal. Semoga Bermanfaat!

Berikan Komentar Anda

0 Komentar

Advertisement