Advertisement

Jawaban Latihan, Cerita Reflektif dan Post Tes Modul 3 - Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Modul 3 Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Tujuan Pembelajaran Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C.

  • Berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  • Meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
  • Sebelum mempelajari topik ini, sebaiknya pelajari terlebih dahulu topik Kurikulum sebagai konsep dasarnya.

Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SMP-SMA/SMK

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Refleksi dalam Pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK

Latihan Pemahaman :

1. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali?

Jawab : Meminta semua murid menunjukkan hasil refleksinya.

2. Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.

Jawab : Salah

Cerita Reflektif : Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K, yaitu... Oleh karena itu, saya akan melakukan...

Jawab : Tantangan yang dihadapi saat melakukan refleksi adalah siswa belum berani dan nyaman dalam berbicara, menjawab dan mengekspresikan dirinya. Untuk itu, saya akan mencoba melakukan pengembangan diri untuk mengatasinya.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 3

1. Perhatikan beberapa pertanyaan berikut:

  1. Metode apa yang paling membantumu memahami topik ini?
  2. Saat mengerjakan proyek ini, keterampilan apa yang bermanfaat untuk karir yang ingin kamu tekuni nanti?
  3. Kemampuan apa yang meningkat atau baru kamu dapatkan saat melakukan proyek ini?
  4. Apa target yang mau kamu capai pada pembelajaran selanjutnya?
  5. Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai target tersebut?

Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase D adalah...

Jawab : 2

2. Pertanyaan yang paling tepat diajukan untuk membantu murid memonitor kemajuan belajar mereka adalah...

Jawab : Apa yang kamu pelajari tentang diri kamu saat mengerjakan projek ini?

3. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

  1. Apakah setelah sekolah kamu akan pulang?
  2. Apakah kamu mau menunjukkan hasil karyamu?
  3. Apa yang membuatmu senang hari ini?
  4. Apa yang sedang kamu buat?
  5. Apa yang telah dipelajari hari ini?
  6. Jika bisa berganti peran, peran apa yang ingin kamu coba? Mengapa?

Pertanyaan di atas yang termasuk pertanyaan refleksi adalah...

Jawab : 3 dan 6

4. Dalam membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah...

Jawab : Fase murid

5. Bu Indah adalah seorang guru SMA. Beliau sudah menyusun dan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melakukan refleksi pembelajaran, tetapi salah satu muridnya bernama Rendra belum dapat melakukan refleksi dengan mendalam karena belum terbiasa melakukan refleksi. Salah satu cara yang bisa Bu Indah lakukan untuk memfasilitasi Rendra berefleksi adalah...

Jawab : Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu

Urutan nomor soal dapat berbeda pada setiap akun PMM Bapak/Ibu, karena soal yang muncul akan diacak. Oleh karena itu telitilah dalam membaca soal. Semoga Bermanfaat!

Berikan Komentar Anda

0 Komentar

Advertisement